Pengalaman I-Fuel PT. Indofood CBP Sukses Makmur Noodle Division

Halo Semua,

Semoga dimanapun kalian berada, kalian baik-baik saja dan selalu sehat.

Pada post kali ini, gue akan share salah satu pengalaman gue sebagai Jobseeker di PT. Indofood CBP Sukses Makmur. Well, walaupun pada akhirnya gue tidak keterima disini, tetapi ga ada salahnya kan kalau gue share ? hehe lumayan untuk persiapan kalian yang ingin test disini.

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Noodle Division, hmm agak panjang kayaknya namanya jadi gue singkat Indofood Noodle aja ya. Perusahaan ini setiap tahun sepertinya membuka lowongan untuk para fresh graduate, namanya yaitu I-Fuel (Indofood Noodle Future Leader) gue juga gak tau kenapa namanya jadi I-Fuel haha biar keren kayaknya. Program ini sama seperti kebanyakan perusahaan lain yang menyebutnya Management Trainee

Waktu itu saat gue test, ada 4 pilihan dalam I-Fuel ini, yaitu Manufacturing, Sales, Accounting, dan Human Resource. Pilihan gue waktu itu adalah Manufacturing. Yap, karena gue adalah seorang sarjana teknik.

Tahap testnya itu ada banyak, gue sampe bolak balik kira-kira 3-4x di hari yang berbeda dari depok ke Jakarta Kota (Tempat testnya di pabrik yang daerah Ancol). Sistem testnya yaitu sistem gugur. Jadi masing-masing tahapan memiliki.

Pada hari pertama dipanggil, yaitu test tertulis. Ada banyak banget testnya, disini masih banyak juga kandidatnya. Test awal yaitu psikotest, well, ada juga tes pengetahuan umum (tapi bukan pasal2 atau UUD kok). You know laa psikotest gimana, ada hitung2an, ada yang gambar2 gitu, ada kubus diputer2  yaa pokoknya banyak deh yaa psikotest hehe. Tips gue untuk psikotest ini yaa usahakan kalian dalam keadaan fit karena ini semua ga perlu dipelajari untuk bisa mengerjakannya. Abis psikotest ini, langsung diumumin saat itu juga yang lolos dan gugur. dan gue lolos.

Masih di hari yang sama. test selanjutnya yaitu test Pauli. Penjumlahan angka sederhana yang sangat banyak yang orang2 biasa sebut test koran. Gue kurang tau pauli apa kreplin yang jelas metodenya itu "garis" bukan "pindah". Nah tips gue untuk test ini yaitu kerjakan sebanyak2nya, jawabannya benar, dan harus stabil. Waktu itu gue berhasil bolak balik dan nambah kertas sampe kertas keduanya itu juga sehalaman. dan gue lolos.

Masih di hari yang sama (kira-kira siang jam ngantuk) test selanjutnya yaitu FGD dan Presentasi. FGD gue waktu itu tentang bagaimana cara bertahan hidup di sebuah pedalaman hutan yang penuh binatang buas dan manusia kanibal dalam sehari, karena besoknya kita akan diselamatkan oleh helikopter. Waktu itu ada list barang-barang apa saja yang dibutuhkan dan kita harus mendiskusikan dengan kelompok mengenai hal itu. FGD ini dibagi menjadi beberapa kelompok kira2 1 kelompok ada 5-6 orang. Gue ga tau penilaian dari mana karena FGD ini serentak dilakukan semua grup dan hanya ada 1 orang HRD mereka yang menilai. Tips dari gue, aktif berbicara, jangan matil (makan temen atau jatuhin orang), dan jangan terlalu ambisius. Well, mengenai topik FGD, mungkin pihak perusahaan bisa merubah topiknya karena baca post ini :p jadi saran gue jangan terlalu berpacu pada topik ini. Tidak ada pengguguran disini.

Setelah itu berlanjut ke presentasi dan masih di hari yang sama! hehe. Presentasi di depan kelompok masing2. Presentasi tidak ada hubungannya dengan FGD tadi, temanya beda total. Tema presentasi kelompok ini sesuai dengan bidang I-Fuel kalian. Karena waktu itu gue manufaktur, jadi gue harus mengambil tema itu. Ceritanya disini kita dijadikan sebagai pemimpin rapat dan bebas bahas masalah apapun asalkan sesuai dengan bidang I-Fuel. Audience rapat yaitu teman sekelompok kita sendiri. Tips gue waktu itu bawa santai aja dan jangan lupa aktif bertanya ketika teman kalian presentasi. Dan gue lolos, adapula yang gugur. Haripun berakhir.

Setalah kirakira 2-3 hari kemudian, tahap selanjutnya yaitu presentasi di depan HR sekaligus interview. Jadi masing-masing bidang diberikan 4 topik. Kita harus memilih 2 topik dan menghubungkannya dalam sebuah presentasi. File power point harus dikirim ke HRD sehari sebelum presentasi. Pada saat presentasi, saat itu hanya ada 1 orang dari HRD, jadi 1 vs 1 nih hehe. Kita diberikan waktu 10 menit untuk presentasi. Setelah presentasi beliau menanyakan sedikit mengenai konten presentasi dan yang banyak ditanya adalah mengenai diri kita sendiri. Jadi saat itu presentasi sekalian interview. Interviewnya mengenai diri kita sendiri, pengalaman kerja, organisasi, dan lainnya. Total keseluruhan kira2 30 menit. Tips gue disini yaitu kalian harus PEDE dan kalian harus menjual diri kalian dengan sebaik2nya. Tahap ini gue juga lolos (dikabarkan setelah beberapa minggu).

Setelah sekitar 2-3 minggu gue dipanggil untuk test keilmuan dan interview user. Test keilmuannya dibedakan berdasarkan jurusan masing-masing. Gue adalah seorang lulusan Teknik Industri dan pertanyannya banyak banget mengenai OR (Operational Research). Jadi kalian banyak belajar ya sebelumnya hehe. Masih di hari yang sama, gue sekalian interview dengan user dan user gue adalah seorang manager di manufaktur (lupa bidang apa). Pertanyaan mengenai tentang diri sendiri, pake bahasa indonesia, dan kita akan ditanyakan beberapa contoh kasus. Saran gue jawab lah sekreatif mungkin. Think out of the box. Tetapi jangan sampe jawabannya ngawur dan membunuh kalian sendiri.

Beberapa hari kemudian dipanggil kembali untuk Medical Check Up. Cukup lengkap proses MCUnya. Jantung, Urine, mata, telinga, paru-paru, yaa pokoknya paket basic MCU lah yaa hehe. MCU dilakukan di salah satu rumah sakit. Setelah selesai beberapa hari kemudian gue ditelepon dan disuruh dateng ke klinik Indofood di pabrik. karena gue memiliki masalah dalam kolesterol. Jadi gue sempet berbicara dengan dokter di pabrik untuk cara mengatasinya dan mereka bilang tunggu kabar selanjutnya.

Nah! beberapa hari kemudian gue diumumkan tidak lolos :( huhu sedih sekali sudah sejauh itu tidak lolos. tetapi tidak apa lah yaa hehe mungkin itu bukan yang terbaik untuk gue. Gue kurang tau yang bikin gue ga lolos dimana, bisa jadi di MCU, bisa juga mungkin saat interview user.

Bagi yang membaca ini, boleh dijadikan sebagai referensi kalian sebagai bekal untuk ikut test I-Fuel Indofood, tetapi jangan terlalu berpacu pada ini karena mungkin pihak perusahaan sudah mengubah metode rekrutmennya. Ini gue lakukan di tahun 2016 bulan Januari-April. Semoga kalian diberikan tempat untuk mencari nafkah yang terbaik!

Thank you for visit and read the post :)


Comments

  1. Sorry gan ganggu sedikit butuh pencerahannya nih, kalo boleh tau untuk tahap presentasi depan kelompok itu mengenai sebuah kasus atau penjelasan soal bidang ifuel yg kita ambil ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf gan agak lama balesnya, hehe. Presentasi depan kelompok itu harus berkaitan dengan topik i-fuel kita. Jadi karena dulu saya di manufacturing jadi saya seolah2 memimpin rapat tentang jumlah produksi dan utilisasi mesin.

      Delete
    2. gan boleh minta alamat emailnya? saya mau berdiskusi nih terima kasih

      Delete
  2. Semua yg interview nanti MCU ya gan?
    Trus test keilmuan itu bentuknya tanya jawab aja? Bukan tes tertulis gitu?
    Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau itu ane kurang tau gan, tapi pas ane medcheck muka2nya pernah ketemu pas interview user. Ane ga bisa mastiin karena pas interview dan medcheck itu masing2 dibagi beberapa batch.
      Tes keilmuan itu tertulis gan, yaa kaya ngerjain soal ujian aja hehe.

      Delete
  3. Gan boleh minta kontak?mau nanya2 ttg interview user gan..

    ReplyDelete
  4. Keren om pengalamannya, smoga kedepannya tetep share dari pengalaman yang om jalanin, yang kita rasa itu bermanfaat untuk orang lain.

    ReplyDelete
  5. semua proses kayak fgd sama presnetasi in bahasa kan ya gan? ada yang in english kah? mohon informasinya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Ranny, iya kak semuanya in bahasa kok, tapi saran saya sih untuk materi slide coba pake english aja walaupun presentasinya pake bahasa indonesia, bisa jadi nilai tambah :)

      Delete
  6. Gan tanyak donk . Kalau domisili nya di jawa timur , tesnya ikut di jakarta juga kah ?

    ReplyDelete
  7. Mas,ada pemberitahuan gak lolos dari semen Gresik ya kah?soalnya saya ikutan penerimaan tahun 2017 kemarin,sudah sampai tahap MCU,tapi sama sekali kita semua belum dapat pemberitahuan,dan MCU nya dilaksanainnya bulan 10 Oktober 2017 sudah jalan 6 bulan

    ReplyDelete
  8. Maaf mau tanya, saya ikut recruitment indofood udah sampw mcu tapi udah mau hampir 4 minggu belum dapet kabar lulus atau enggak. Lulus atau ga lulus di info ga sih ?

    ReplyDelete

Post a Comment