FASTREX Management Trainee DHL Supply Chain Indonesia

Morning Everyone,

Kali ini gue akan ngebahas salah satu pengalaman gue sebagai jobseeker. Perusahaannya yaitu salah satu perusahaan yang bergerak di bidang logistik dan supply chain dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia, yaitu DHL Supply Chain.

Perusahaan ini memiliki salah satu program management trainee yang dinamakan FASTREX Management Trainee. Untuk pengalaman kali ini gue ga akan bisa cerita panjang karena gue gagal di tengah jalan. Tapi semoga ini bisa menjadi referensi kalian jika ingin mengikuti test batch selanjutnya. Ini gue lakukan di akhir Desember 2016 dan programnya untuk awal 2017.

Seperti biasa, gue apply job ini lewat jobstreet dan dipanggil melalui email dan sempat ditelpon untuk konfirmasi. mereka mengadakan test dikantornya Graha Intirub.

Pada pertamanya mereka mempresentasikan mengenai perusahaan dan program Fastrex ini, intinya testnya itu tergolong cukup cepat dan cukup ribet. ya seengganya mereka memberitahukan jadwal2 untuk tahap selanjutnya.

Selanjutnya psikotest pun dimulai, soalnya seperti psikotest biasa dan dilanjuti oleh test kreplin. Pada saat itu sudah langsung dilakukan eliminasi siapa yang lolos ke tahap selanjutnya dan siapa yang tidak lolos. Pada tahap itu gue lolos.

Dikasih makan siang dan ada jeda istirahat, test selanjutnya dilakukan di jam 1. Test ini cukup memakan waktu lama, karena ada 4 tahap test sekaligus yang dilakukan dengan masing2 tahap dilakukan secara bersamaan namun bergantian orang. Test yang dilakukan sambil nunggu dan tidak ada batasan waktu yaitu test wartegg, menggambar orang dan menggambar pohon. gue ga akan menjelaskan disini yaa mengenai test tersebut karena pasti uda banyak tips dan share dari orang lain hehe.

Adapula test bahasa inggris. Dalam waktu yang sangat singkat (gue lupa berapa lama) kita harus bisa mengerjakan 50 soal, test bahasa inggris ini yaa seperti biasa sih ada soal cerita, ada grammar, dll semua tipe ada kecuali listening ga ada.

Selanjutnya yaitu test komputer, nah mungkin kalian sangat beruntung jika sebelum test kalian membaca blog ini dulu, tapi mungkin batch selanjutnya bisa berubah yaa hehe. test komputer yaitu cukup simple, ada 3 soal dan semuanya mengenai Excel, pertama mengenai rumus IF, kedua pivot table, dan yang ketiga Vlookup Hlookup.

Satu lagi yaitu interview. Saya masuk ke dalam ruangan dan disana terdapat 2 orang yang menjadi interviewer gue. Seperti biasa interview ini ditanyakan pengalaman kerja, pengalaman kuliah, ceritakan mengenai diri sendiri, apa yang sudah dicapai, bagaimana mengahadapi masalah, dan lain lain.

Tes bahasa inggris, komputer, dan interview itu dilakukan secara bersamaan, hanya saja perusahaan sudah mengatur  masing-masing orang masuk yang mana dulu, waktu itu urutan gue ada bahasa inggris, komputer, dan interview terakhir. sambil menunggu dipanggil kita sambil mengerjakan psikotest menggambar.

Nah setelah beberapa minggu gue ga dapet kabar dan itu menunjukkan bahwa gue gagal dalam program ini. Sudah jelas gue kurang persiapan di test komputer gue ga tau apa2 hahaha. Tapi biarlah itu mungkin bukan yang terbaik bukan gue. Tahap selanjutnya yaitu FGD dan gue ga bisa menceritakan tahap tersebut karena gue uda gagal. Semoga kalian sukses dimanapun kalian kerja dan berkah. Ingat test DHL ini mungkin ga selamanya seperti ini jadi kalian jangan terlalu berpacu pada blog ini, bisa aja metodenya berbeda total untuk selanjutnya. Thank you for the visit :)

Comments