Pengalaman Tes Management Trainee PT. Kawan Lama

Hi All,

Disela-sela kesibukan yang gue sedang hadapi, gue sempatkan waktu untuk menulis blog hehe. dan kali ini masih mengenai jobseeker. Tapi bedanya kali ini gue berhasil lolos dan sekarang pun sedang bekerja di PT. Kawan Lama.

Gue ini berada di batch 2 yang berjumlah 25 orang, sebelumnya batch 1 sejumlah 30an orang. Berhubung sekarang sedang pembukaan batch 3, mungkin pengalaman yang gue alami akan membantu para kawan-kawan yang ingin test untuk Management Trainee disana.

Sebelumnya program MT PT. Kawan Lama ini terdapat 3 penjurusan, yaitu Ace Hardware, Informa, dan Chatime. Pada awalnya saat kalian diterima akan ditempatkan berdasarkan kemampuan masing-masing. Gue ingetin sebelumnya yaa disini, dan ini sangat penting ... ini program MT, dan di bidang retail. Kalian nanti harus siap jika jam kerja tidak normal, kadang masuk pagi, kadang siang, dan liburnya itu bukan hari sabtu dan minggu, melainkan hari biasa. Jadi untuk yang sekedar nyoba2 nanti ga diambil karena alasan tersebut yaa lebih baik dari awal ga usah ikut :))

Waktu jaman gue, tes dilakukan pada 4 domisili, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Jogja. Gue ikut yang di Jakarta. Gaji untuk MT disini termasuk besar sebagai seorang Fresh Graduate, so kalian pasti ga gampang dong untuk dapetin pekerjaan ini. Gue batch 2 itu yang diterima 25 orang dari 1700 peserta yang ikut tes.. Waw, ga sampe 2% dari yang ikut tes.

Oke langsung aja ke tahap proses tesnya, tahap pertama yaitu tes tertulis, kita akan dikasih soal sebanyak 50 buah dan harus dikerjaan hanya dalam waktu singkat. Setelah selesai kita akan mempresentasikan mengenai diri kita sendiri di depan HRD. Nah langsung dari kedua tes itu ada yang gugur, dan ternyata cukup banyak yang langsung digugurkan. Masih di hari yang sama siangnya kita dikumpulkan di dalam satu ruangan dan disitu ada presentasi perusahaan yang cukup memakan waktu yang lama. Setelah itu ada lagi psikotest mengenai kepribadian yang jumlah pertanyaannya hingga 300an itu, wah capek banget deh pokoknya sama ada lagi menceritakan mengenai diri sendiri secara tertulis dan dengan menggunakan bahasa inggris. Hari itu pun berakhir pas jam 5 sore. Dalam waktu singkat pengumuman yang lolos langsung diumumkan lewat email.

Tahap selanjutnya yaitu interview dengan HRD. Interview dilakukan cukup santai dan pertanyannya selain mengenai kepribadian dan pengalaman kuliah, kebanyakan mengenai kesiapan kita yang harus siap ditempatkan dimanapun, siap bekerja dengan jam shift, dan siap libur bukan di hari sabtu minggu. Proses ini ga begitu lama, Sekitar 1 jam interview dan langsung pulang setelah itu.

Sekitar 2-3 hari langsung ada pengumuman dan tahap selanjutnya yaitu FGD. Kita akan berdiskusi mengenai sebuah proyek, dalam proyek tersebut itu ada banyak sekali opsi-opsinya yang harus kita pilih. Cukup seru karena disini kita akan dituntut untuk berpikir layaknya Businessman. Tips dari gue sih yaa kalian jangan terlalu sering berbicara yang ga ada gunanya, jangan menjatuhkan pendapat orang lain, dan harus bisa membawa arah diskusi. Masih di hari yang sama selanjutnya yaitu business case, kita akan dikasih suatu permasalahan dan tulis solusinya dalam 4 lembar kertas dan kita akan mempresentasikannya di depan HRD, tapi tenang presentasinya itu hanya 1 on 1 kok hehe. Kita harus bisa menjelaskan seluruhnya dan kalau misalkan ditanya yaa harus bisa dijawab dengan baik.

Lagi- lagi cepat sekali pengumumannya, tahap selanjutnya yaitu interview user. gue agak lupa dengan siapa aja karena memang kita tidak diberi tahu dengan siapa kita akan interview, tetapi saat itu ada 3 user jejeran Top Management. Yah rasanya seperti di keroyok 3 orang, yang penting kita harus bisa meyakinkan mereka dan jawab dengan jawaban terbaik.

Setelah interview user, beberapa hari kemudian diumumkan kelulusannya dan tahap terakhir yaitu Medical Check Up dilakukan di tempat yang udah kerjasama dengan perusahaan. Medical Check Up ga ribet kok dan simple banget. Cek darah, roentgen, dan fisik. Alhamdulillah untuk pertama kalinya gue lulus medical check up :) . Setelah itu tanda tangan kontrak dan sampai sekarang gue masih menjadi bagian dari Batch 2 Management Trainee PT. Kawan Lama.

Yap, cukup segitu pengalmannya, banyak ya ternyata tahapannya. Saya kira2 hingga 5x bolak-balik ke head office PT. Kawan Lama untuk mengikuti proses tesnya. Ingat, jangan terlalu berpatokan pada ini karena bisa aja selanjutnya sudah berbeda, cukup jadikan sebagai referensi saja. Terima kasih sudah membaca :)






Comments

  1. wah selamat bang udah keterima di Kawan Lama dan penulisannya menginspirasi saya untuk bekerja disana hehe. Mau nanya bang, abang mulai dari tahap awal dan offering itu makan waktu berapa lama dan proses seleksi batch 2 itu dimulai dari tanggal berapa? dan kalau boleh tau email abang apa, barangkali nanti ada pertanyaan-pertanyaan yang bukan bersifat publik. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Kak Wildan, untuk proses itu sendiri cukup cepat, setiap tahap itu jedanya hanya seminggu. Jadi waktu itu Saya mulai test dari akhir februari hingga keterima di awal April. Tapi tergantung juga, ada teman Saya batch 2 juga yang testnya dari Desember 2016 dan ttd kontrak di Maret 2017. Intinya, kalau sudah mepet sama waktu mulai start program MT akan lebih cepat prosesnya tapi kalau masih jauh mungkin agak longgar. Silahkan email ke reyreitasiva@gmail.com Terima kaish

      Delete
  2. halo bang, boleh di share dong pengalamannya waktu interview user itu seperti apa sih, ditanyain apa aja, trus tips untuk interview user ini gimana ya?
    terima kasih, sukses selalu.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mas untuk sharenya sangat bermanfaat. Kalau boleh tau untuk penempatan mas dimana ya sekarang ?

    ReplyDelete
  4. Kalo sales advisor gimana ya kerjanya?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Gajinya kisaran brp mbak? Apakah diatas 5 juta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. Saya Ayu MT batch 5. Untuk gaji ada di angka 7,5.Semoga membantu:)

      Delete
    2. Besar jg ya gaji MT KLG,pokoknya 7.5 dan blm tunjangan2nya, tuntutan kerjanya pasti tinggi.

      Delete
    3. tuntutan MT biasanya harus memberikan improve yg baru, membuat efisiensi kerja dan harus rela ditempatkan disemua cabang

      Delete
  7. Mntap gang..boleh nanya gak? .. emang abang gak ada tes psikotes onlineya yah??
    Dan jg mau nanya mngenai fgd .itu opsi2nya yg dianalisa. Pake diagram atau gmma yah?make angka2 gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jaman saya waktu itu ga ada, kayaknya per sekarang sudah ada mas, yaa sekali lagi saya tesnya di awal 2017 mungkin sekarang metodenya udah berbeda dari sebelumnya mas :)

      Delete
  8. bagus mas tulisannya.
    mau tanya, untuk business case contoh pertanyaannya apa ya mas?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Business case itu lebih ke dikasih gambaran mengenai bisnis perusahaan dan ada masalahnga, terus kira2 apa aja yg perlu kita lakukan agar bisa solve permasalahan di perusahaan itu

      Delete
  9. Terima kasih untuk teman2 yg sudah nanya2. Maaf kalau saya telat balas karena jarang liat blog ini. Untuk pertanyaan bisa langsung ke email saya aja reyreitasiva@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Halo, kak, Saya mau nanya.
    soal penempatan di seluruh Indonesia, apakah kita dikasih opsi? apakah kita boleh memilih atau meminta tempat yang kita mau sekalipun kita bilang kita siap ditempatkan? Dan kapan kita tau kita akan ditempatkan di daerah tertentu? apakah setelah tanda tangan kontrak?

    ReplyDelete
  11. Misi, saya mau nanya. Berkaitan dengan shift, bagaimana ya jika untuk laki2 yg shalat jumat?

    ReplyDelete
  12. Mau tanya mas, soalnya berupa apa ya?, soal matematika atau gimana?

    ReplyDelete
  13. These exceptional machines use an extra rotation axis along the Z-axis, resulting in a noticeable pace improvement over the 5-axis selection. The additional axis permits the tool to have extra motion and transitions at higher speeds without sacrificing accuracy. CNC machining is used for rapid prototyping due to how shortly the method can produce a prototype with a particularly low margin of error, typically between ±0.005in – ±0.00005in. In conventional machining, prototyping takes plenty of manual effort with a a lot larger hole for error. Using CNC machining for prototyping produces an distinctive best vacuum seal storage bags prototype quicker than with conventional machining, ultimate placing high quality|a high quality} piece into production in less time. Let me first introduce you about what's CNC machine, so CNC stands for Computer Numerical Control.

    ReplyDelete

Post a Comment