Black Desert Online : Cara Mendapatkan Passive Income dengan Investasi Contribution Point (CP) dan Energy

Yap, kembali lagi kita bahas mengenai Game dan masih Black Desert Online atau biasa disingkat BDO. Sebelumnya gue mau kasih tau bahwa passive income disini bukan uang beneran yaa, melainkan uang dalam dunia game BDO yang biasa kita sebut silver. Tahukah kalian bahwa pada game BDO kita bisa mendapatkan pendapatan tanpa harus melakukan apa-apa ? dengan apa ? of course dengan menggunakan contribution point dan energy. Sudah pernah gue bahas sebelumnya cara mendapatkan CP itu dengan menyelesaikan quest tipe apapun (selama ada reward CP), sedangkan untuk menaikkan maksimal energy dengan mendapatkan knowledge.

Penasaran kan bagaimana ? yuk kita bahas caranya step by step.



Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membuat character sebanyak-banyaknya hingga jumlah maksimal tercapai (biasanya untuk awal maksimal 4, bisa ditambah dengan item mall). Kalian memang harus fokus leveling di 1 char, namun tidak masalah jika dibuat dulu charnya hingga jumlah maksimum terpenuhi. Kenapa ? karena dengan semakin banyaknya char, semakin banyak energy yang bisa kalian gunakan untuk investasi. Berbeda dengan CP, energy ini per masing-masing character, jadi 1 char jika menggunakan energynya maka energy pada char lain tidak berkurang. Sedangkan kalau CP itu untuk 1 ID atau dalam keseluruhan family, jika menggunakan CP pada 1 char maka jika kalian menggunakan char lain sisa CP tetap sama.

Meskipun kalian hanya menggunakan char utama, energy pada char sampingan tetap akan pulih seiring berjalannya waktu.



Selanjutnya yaitu dengan melakukan investasi CP pada node. Sebelumnya dalam game kalian mungkin akan menemukan Node Manager pada setiap wilayah. Jika kalian sudah pernah berbicara pada Node Manager maka kalian bisa berinvestasi CP pada node area tersebut. Investasi CP pada node ini bisa digunakan untuk mendapatkan item/bahan secara pasif dengan menggunakan worker. Disarankan untuk memaksimalkan CP digunakan untuk investasi node dan jangan takut karena bisa dikembalikan kok CPnya jika kalian divest.


Setelah investasi pada node dan resourcenya, selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah hire worker. Hire worker disini agar dapat mempekerjakan pada node yang kalian investasikan, jangan lupa kalian harus hire worker di kota yang terhubung pada node yang telah kalian investasikan. Pada dasarnya worker yang bisa di hire setiap kota hanya 1, namun bisa kalian tambah jika kalian membeli lodge di kota tersebut dengan CP.

Jangan lupa, jika sudah investasi pada sebuah node dan mempekerjakan worker disitu, kalian bisa menaikkan level dari node tersebut dengan investasi energy. dengan semakin tinggi levelnya maka akan semakin tinggi juga rate pendapatan resource pada node tersebut. Maka dari itu pentingnya pembuatan jumlah char semaksimal mungkin agar energy dari masing2 char bisa terinvestasikan.

Sekian mungkin itu salah satu cara dari sekian banyak cara untuk passive income. Kalau ada pertanyaan jangan ragu ya guys








Comments