Black Desert Online : Tips untuk Pemula (Newbie)



Oke temans kali ini gue mau ngebahas tentang game, ini content blog pertama gue yang membahas tentang game. Game yang akan gue bahas kali ini adalah tentang Black Desert Online, yaitu sebuah game online RPG dimana kalian akan disuguhkan dunia petualangan yang sangat luas dan game yang sangat kompleks. Untuk mendapatkan game ini gue hanya perlu membayar 50rb saja (gue beli via steam pada bulan Februari 2020) dan trust me, 50rb itu gak ada apa-apanya dibandingkan dengan fitur game ini yang sangat amat banyak. Percayalah untuk memahami game ini tidak bisa hanya dengan main 1 atau 2 hari, atau bahkan sudah main sebulan pun pastinya kalian masih belum begitu mengerti semuanya. Gue sendiri pun sudah main 5 bulan masih belum mengerti 100%. dan untuk newbie gue saranin untuk baca-baca terlebih dahulu agar tidak tersesat dan tidak membuang sesuatu yang sia-sia.


Oke langsung aja jika kalian sudah membuat karakter baru dan memulai petualangan kalian, hal penting yang harus kalian ketahui yaitu :


1. Energy

Yap, kalau kalian melihat pada gambar diatas yang berlambang tangan berotot, itu adalah energy kalian. Energy ini banyak sekali fungsinya yang bahkan kalau saya sebutkan satu per satu nanti jadi panjang sendiri. Nah saran saya untuk para pemula sebisa mungkin jangan biarkan energi ini nganggur dalam full/maksimal, karena kegunaannya yang sangat banyak sekali.

Energi itu akan pulih sebesar 1 dalam 3 menit, atau jika kalian punya kamasylvie buff akan menjadi 3 dalam 3 menit. Cara menambahkan maksimal energi yaitu dengan menambah knowledge kalian, mungkin untuk newbie masih belum paham apa itu knowledge. Sebenarnya sangat panjang kalau dijelaskan, namun pada umumnya, knowledge itu bisa didapat dengan membunuh monster yang sama berkali-kali hingga knowledge pada monster tersebut S, Berkenalan dengan NPC (biasanya yang belum kenal ditandai dengan tanda seru), Membaca buku pada setiap kota besar, dan lainnya.

2. Contribution Point

Disebelah kanan energy kalian akan melihat contribution point, nah ini juga sangat penting untuk kalian ketahui. Cara mendapatkan contribution point yaitu dengan menyelesaikan quest/mission. Salah satu kesalahan terbesar pada Newbie adalah mereka tidak investasi contribution point yang sudah didapat. Padahal banyak uang yang bisa didapat dari investasi contribution point. Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca pada content ini 

Selanjutnya kalau kalian lihat gambat diatas juga ada logo skill point, kuda, rumah, worker, pet, fairy, dan lainnya. Itu akan saya bahas secara terpisah. Hal dasar yang paling penting untuk kalian ketahui sebagai Newbie adalah mengetahui apa itu energi dan contribution point. Karena jika kalian bisa memaksimalkan kedua hal itu, kalian bisa mendapatkan pendapatan secara pasif dalam game Black Desert Online.

Comments