Hemat Pangkal Kaya, Apakah Benar ?

Hello Temans, Kalian pasti pernah mendengar bukan pribahasa atau kata pepatah yang isinya "Hemat Pangkal Kaya" yang artinya, jika kita berhemat maka kita akan menjadi orang yang kaya. Apakah betul ?



Well, kalo menurut gue, gue gak setuju mengenai hal itu. Kenapa? karena kalian mau berhemat gimanapun kekayaan kalian bakal segitu2 aja. Misalkan, kalian adalah pekerja kantoran dengan gaji Rp 5 Juta per bulan, kalian bertekad berhemat dengan menabung Rp 2 juta per bulan. Ketika kalian konsisten melakukan hal tersebut, apakah kalian akan menjadi kaya ? Tentu tidak.

Kalian menabung 2 juta per bulan, terkumpul 24 juta per tahun.. selama 3 tahun kalian akan punya tabungan Rp 72 juta. Apakah kalian akan kaya dengan uang segitu ? kalian pasti akan gunakan untuk menikah bukan ? gunakan untuk DP rumah ? atau beli kendaraan ?

Gue disini gak bilang kalo menabung itu hal yang buruk ya, menabung itu sangat baik dan jauh lebih baik ketimbang kalian boros. Tapi itu bukanlah cara untuk membuat kalian menjadi kaya. Banyak orang yang kaya bukan karena menabung, tapi karena menggunakan otak mereka, mencari peluang untuk berbisnis di saat yang tepat, inovasi. Intinya, kalian bisa kaya kalau kalian berpikir kreatif, bukan karena menabung.

Atau bisa juga kalian menggunakan uang tabungan tersebut untuk investasi diri, investasi diri disini yang gue maksud adalah mengeluarkan uang untuk mempelajari hal-hal baru, bisa mengikuti seminar, sertifikasi keahlian, dan sebagainya sehingga karirnya bisa meroket. kalau kalian menabung 2 juta setiap bulan, mau nunggu sampe tua untuk punya uang 1 miliar ???

Sekian dan Open for discussion ya !

Comments