Mengetahui Arti Kesuksesan

Halo teman2, kali ini gue akan mencoba mengajak diskusi atau menanyakan suatu hal kepada kalian, kalian pasti sering melihat atau mendengar saat ada suatu pembicara atau motivator sering menyebut kata-kata sukses, menurut kalian apa sih arti kata sukses itu ?



Apakah orang sukses itu orang yang memiliki pekerjaan atau jabatan yang tinggi ?

Apakah orang sukses itu orang yang berpenghasilan puluhan juta hingga miliaran ?

Apakah orang sukses itu orang yang memiliki pendidikan yang tinggi ?

sebelum menjawab saya ingin menceritakan beberapa kisah yang saya pernah dengar dari kerabat atau kisah teman atau kerabat saya dalam hidupnya

  • Seseorang yang bernama Aji (nama samaran) berasal dari keluarga tidak mampu, yang semasa hidupnya dari kecil hanya memakan nasi dan garam, atau makan telur saja dibagi 4 bersama keluarganya. Suatu hari Aji sudah lulus SMA dan beliau melamar pekerjaan di Jakarta dan diterima dengan gaji UMR (saat itu sekitar 3,6jt per bulan). Aji orang yang selalu mengingat keluarga, dulu hidupnya sangat susah bersama dengan keluarganya, dalam 3 tahun dia masih bekerja dengan gaji UMR tersebut dan hasilnya, Aji sudah dapat merenovasi rumah orangtuanya tinggal dan memberikan makanan yang cukup untuk kehidupan mereka. Aji merasa sangat bahagia, ya... walau hanya dengan gaji UMR
  • Seseorang yang bernama Bagas (nama samaran), beliau lahir dari keluarga yang mewah, serba memiliki, tidak pernah memikirkan kekurangan uang untuk beli makan. Suatu hari Bagas menyelesaikan kuliah magister (S2) dan melamar kerja ke berbagai perusahaan, hasilnya tidak ada yang mau menerima. akhirnya Bagas melalui koneksi orangtuanya, mendapatkan pekerjaan tentunya dengan gaji yang lumayan untuk lulusan Fresh Graduate. Hingga saat ini Bagas masih bekerja di perusahaan tersebut.
  • Seseorang yang bernama Cindy (nama samaran), Cindy dari kecil orang yang mudah sakit. Namun dengan kekurangannya itu, Cindy tetap berhasil meraih gelar sarjana, dan sekarang memiliki gaji belasan juta. 
  • Seseoarang bernama Dita (nama samaran), Dita dari kecil selalu menjadi juara kelas, selalu tidak pernah diluar 3 besar di sekolahnya, Dita kuliah dan lulus, mendapat pekerjaan menjadi seorang konsultan di perusahaan ternama, dengan gaji 50 juta per bulan (padahal fresh graduate) dengan pekerjaan yang loadnya sangat tinggi membuat dita jarang memiliki waktu bersama keluarga dan teman-temannya.
itu beberapa kisah nyata yang pernah gue amati dalam hidup, ini kisah nyata teman-teman gue. pertanyaannya, apakah mereka semua orang yang sukses ? padahal ada yang belum memiliki gaji puluhan juta, ada yang selalu dibantu orangtua, ada yang tidak memiliki waktu, apakah mereka belum sukses ?

Ada juga sebuah kejadian seseoarang dengan penuh kemewahan, pekerjaan yang bagus, namun kehidupannya selalu penuh dengan masalah.
Seorang pengusaha yang memiliki cabang puluhan, namun memiliki anak yang autis

bagaimana menurut kalian ?

kalau dalam dunia game, biasanya sering muncul "mission success" yang artinya misi tersebut telah selesai, jadi kalau bisa dibilang sukses itu sesuatu yang tercapai tujuannya

menurut gue kesuksesan tidak selalu diukur dengan uang, ya tapi tetep sih faktor utamanya keuangan, namun uang banyak atau sedikit, tergantung masing-masing tujuan dari orang tersebut. kalau seseorang mempunyain tujuan untuk memberikan tempat tinggal yang layak untuk orang yg disayangi, berarti dia telah sukses kalau sudah berhasil membuat rumah tersebut. dan setelah itu dia pasti memiliki target selanjutnya.
Jadi bisa dibilang, tidak berlaku tuh yang namanya sebutan "si A orang sukses" atau "si B udah jadi orang sukses dengan punya rumah mewah". selama hidup di dunia, tiap manusia pasti memiliki tujuan, setelah tujuan tercapai pastinya ada tujuan baru.

selain tujuan, kesuksesan bergantung dengan apa yang menjadi parameter kita. Jangan pernah selalu berparameter bahwa orang sukses itu hanya seperti Rafi Ahmad atau Atta Halilintar. Kalian memiliki dunia kalian masing-masing, ada yang belum bahagia hidup di rumah seperti di hotel bintang 5, ada juga yang sudah bahagia walau hidup seperti di kos-kosan tanpa AC.

Syukurilah apa yang kalian miliki, manfaatkan kelebihan dan bakat yang kalian miliki.








Comments